Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Jumat, 11 Juli 2014

Nikmatnya Hidangan di Marugame Udon dan Tempura

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

  Nikmatnya Hidangan di Marugame Udon dan Tempura Hai sobat blogger, Setelah sempat nge-trend dengan ramen, serbuan kuliner khas Jepang bagai tak terbendung. Kini hadir udon, salah satu jenis mi yang sudah dikenal di Jepang sejak dulu, dibuat dari tepung terigu dan berbentuk tebal berdiameter kurang lebih di atas 1,7 mm serta agak lebar. 

  Awalnya saya ragu bisa menikmati udon karena bentuk dan accompaniment-nya yang kurang familiar. Tapi keraguan saya  terjawab ketika mendapat undangan food fasting ngablogburit offline bersama para blogger lain pada hari Jum’at, 04 Juli 2014 di sebuah restoran udon & tempura yang baru saja membuka cabangnya di Surabaya, namanya Marugame Udon, terletak di lantai 5 No. 37-44 Tunjungan Plaza 3 Surabaya.


Marugame Udon dan Tempura

  Sebenarnya saya belum pernah merasakan makanan ala udon dan inilah pengalaman pertama yang saya dapatkan, hehe. Udon dan ramen, dua jenis mie Jepang yang digemari para kuliner. Setelah resto khusus ramen, kini ada resto khusus udon.  Pilihan menunya sangat banyak dan semuanya menggoda selera saya. Racikan udon bisa dipilih sesuai selera. Resto udon dengan konsep self service ini menyediakan beragam jenis udon dan nasi. Untuk teman udon bisa memilih 10 jenis tempura yang panas mengepul.


  Yang menarik resto ini memakai konsep open kitchen dan self service. Bentuk outlet yang terbuka dan memanjang membuat kami leluasa melihat para pegawai merebus udon, meracik kuahnya. Juga melihat langsung aneka tempura digoreng panas mengepul.


  Kalau masih bingung, ada petunjuk cara memesan makanan dengan self service ini. Pertama, harus memilih jenis racikan udon. Ada 8 jenis udon yang terpampang di daftar menu yang dipasang dalam ukuran besar lengkap dengan gambarnya.



   Diantaranya ada kake udon, udon polos dengan kuah kaldu dashi, ontama udon, udon dengan telur, kamege udon yang disajikan dengan kuah terpisah, tori baltam udon,  udon dengan kuah putih dan bakso ayam, niku udon, serta udon dengan topping irisan daging dan kuah kaldu sapi.


  Ternyata ada juga udon yang dingin, zaru udon. Udon ini biasa dinikmati saat musim panas. Yang sedikit berbeda adalah beef curry udon, udon ini diberi irisan daging sapi dan disiram kuah kari khas Jepang yang kecokelatan dan kental.


  Karena baru pertama kali mencicipi udon di sini, maka udon paling special yang saya pesan, yaitu Beef Curry Udon yang harganya berkisar Rp 50.000.Oiya, bagi yang belum tau seperti apa udon itu, akan sedikit saya jelaskan.Udon merupakan mie yang dibuat dari tepung terigu, air dan garam. Berbeda dengan ramen, udon warnanya putih, lebih tebal dan dipotong selebar 0,5 cm sehingga saat dikunyah terasa mulur kenyal.


   Udon yang segar direbus sebentar dalam wadah berisi air mendidih yang bergolak yang bisa diamati langsung saat memesan. Kake Udon ini diberi topping tenkatsu, remahan adonan tepung yang digoreng kering atau kremesan dan irisan daun bawang.


   Memang, harus mengantri untuk memesannya karena setelah menyebut pesanan kita di counter, udon baru dimasak dan diberi tambahan sesuai menu yang kita pilih oleh tim dapur.Terlihat beragam jenis tempura digoreng langsung. Tempura inipun dijamin segar karena hanya disajikan untuk 20 menit saja setelah itu akan ditarik dan diganti baru.Gimana ? tentu Fresh bukan ?Sebelum menuju meja makan, mampir dulu ke station yang menyediakan pilihan bumbu penyedap rasa dan peralatan makan. Karena saya suka pedas, sayapun menambahkan dengan irisan cabe rawit merah yang membuat hirupan udon semakin nikmat. Slurp! *Yummy*!


Nikmatnya Hidangan di Marugame Udon dan Tempura


  Meski teksturnya lebih tebal dari jenis mie biasa tetapi udon ini sangat lembut sekali ditambah kuah sup-nya yang kental dan gurih, pas sekali di lidah. Renyahnya broccoli tempura yang berukuran lumayan besar dan beef croquette-nya yang dicampur dengan saus tempura menambah sensasi kenikmatan citarasa udon ini. Untuk minumannya yang paling cocok ya...ocha! Saya memilih ocha dingin, dan bisa re-fill lho...! Asik banget kan ? hehe.


  Masalah harga ? Tenang aja, gak bakal banyak menguras kantong deh. Secara sekilas Harga Udon yang dipatok berkisar antara Rp. 33.000,- hingga Rp. 50.000,- sedangkan macam-macam tempuranya dipatok sekitar Rp. 7.000,- sampai Rp. 14.000,-.Dijamin puas dan gak bakal rugi dehhh makan disini.Untuk daftar menu dan harganya bisa dilihat gambar dibawah ini.





 Nah, begitulah hasil pengalaman pertama saya makan di Marugame Udon & Tempura, tepatnya di Tunjungan Plaza 3 Surabaya. Restoran ini dibuka resmi untuk umum mulai tanggal 5 Juli 2014.Suasana restoran yang kental dengan khas Jepang ini sangat cozy loh.Pokoknya resto ini sangat recommended deh.Setelah makan, tidak lupa untuk foto bersama, hehe.




  Oiya, sebelum meninggalkan meja, jangan lupa untuk meletakkan mangkuk dan peralatan makan di tempat yang disediakan. Ini memudahkan pelayan membersihkan meja. Karena resto ini berkonsep self service! Gochisosama desita! Itadakimasu!

Facebook fan page: Marugame Udon Indonesia 

Related Post:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah dengan sopan, mari kita saling menghargai.

 
Copyright © 2012 - All right reserved | Template design by Ramadhana Kurnia
Proudly powered by Blogger.com