Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Kamis, 18 Juni 2015

Samsung Galaxy S6, Si Smartphone Canggih yang Cakep di Luar Buas di Dalam

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

     Assalamu'alaykum sahabat JFS, kembali lagi dengan mimin yang kece, haha.Oke sob, langsung aja ya.. kali ini mimin akan bagikan artikel yang bertema " Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge, The Next Smartphone Perpaduan Keindahan Desain dan Kekuatan Teknologi ".Nah, bagi kalian penggemar samsung dan yang ingin tahu bagaimana spesifikasi dari ponsel smartphone ini, yuk simak review artikel yang berjudul " Samsung Galaxy S6, Si Smartphone Canggih yang Cakep di Luar Buas di Dalam " berikut.

    Samsung mulai mengubah konsep desain yang sejauh ini selalu terlihat di berbagai smartphone keluarannya. Dimulai dari Galaxy Alpha, beberapa produk Samsung sekarang khususnya di kelas menengah ke atas akhirnya mengadopsi bodi berbahan full metal. Perubahan yang cukup terasa mengingat selama ini material plastik selalu melekat erat di image Samsung, bahkan di kategori flagship sekalipun.

     Sang produsen yang berasal dari Korea Selatan kini seolah tampil beda dengan desain yang tentunya terus diperbaiki. Salah satu kerja keras mereka ialah ketika mengerjakan Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Samsung sendiri menyebut Galaxy S6 sebagai ‘Project Zero’ dimana mereka seolah memikirkan semuanya dari nol, mulai dari desain hingga berbagai feature yang dibenamkan, dan menyesuaikan dengan masukan dari para pengguna selama ini.

    Kini Galaxy S6 sudah hadir di meja pengujian counter Samsung. Ketika pertama kali mengeluarkannya dari box penjualan, smartphone flagship yang baru-baru ini rilis di Indonesia itu memang nampak jauh berbeda dibanding pendahulunya. Ada peningkatan yang sangat signifikan pada penampilan Galaxy S6 selain soal material metal.

Cantik di luar ?

   Galaxy S6 Edge adalah smartphone yang menarik perhatian dengan bodinya yang terlihat tipis serta sudut-sudut melengkung di keempat sisinya. Di bagian depan dan belakang, Samsung melapisinya dengan kaca (Gorilla Glass 4). Yang menarik, kaca ini terdiri dari beberapa layer yang membuatnya mampu merefleksikan cahaya sehingga bisa mengeluarkan warna yang berbeda, tergantung sudut pandang. 
Samsung Galaxy S6
   
   Samsung Galaxy S6 memang sangat nyaman digenggam. Sangat terasa material yang berkualitas tinggi di setiap inci dari bodinya. Berbeda dengan seri Edge yang memiliki layar lengkung di kiri dan kanannya, Galaxy S6 tetap mengandalkan tombol fisik untuk power sekaligus lock/unlock dan pengaturan volume. Pihak perusahaan juga tidak menghilangkan ciri khas tombol Home fisik di bagian bawah layar.


Buas di dalam ?

   Body molek Galaxy S6 Edge menyembunyikan komponen perangkat keras bertenaga buas. Di dalamnya tertanam prosesor octa-core Exynos 7420 dengan empat core Cortex-A57 2,1 GHz dan empat core Cortex-A53 1,5 GHz, dipadu RAM sebesar 3GB.

  Skor benchmark AnTuTu mencapai kisaran 70.000 cukup memberi gambaran soal kinerja Galaxy S6 Edge yang termasuk paling tinggi untuk ukuran smartphone saat ini.

  Galaxy S6 Edge sangat responsif ketika dipakai, dan tetap gesit walaupun dibebani banyak aplikasi yang berjalan. Tentu, bermain aneka game mobile terkini pun bisa ditangani dengan mudah.


Spesifikasi Samsung S6

   Galaxy S6 Edge yang beredar di pasaran Indonesia memiliki kapasitas media penyimpanan sebesar 64GB. Dari jumlah itu, sekitar 7GB sudah terpakai untuk menyimpan sistem operasi dan beberapa aplikasi bawaan.

   Karena tak dibekali kartu memori micro-SD, pengguna Galaxy S6 Edge harus pintar-pintar menghemat ruang media internal agar tidak lekas penuh. Alternatifnya adalah dengan memakai flash drive USB OTG atau mengandalkan layanan cloud storage yang belum tentu selalu tersedia.

   Untungnya, Samsung tak terlalu banyak menjejali Galaxy S6 Edge dengan aneka rupa program bawaan yang menyita ruang kosong. Beberapa aplikasi standar Galaxy, seperti S Health dan S Voice bisa ditemukan telah terpasang di ponsel terbaik ini.




   Galaxy S6 Edge menjalankan sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop yang belakangan mulai diperbarui ke versi 5.1. Secara default ada tiga tampilan layar home antarmuka TouchWiz UI ala Samsung di Galaxy S6 Edge.Satu layar di sisi kiri telah ditempati oleh aplikasi news reader Flipboard, sementara dua lainnya memuat icon dan folder aplikasi dalam tampilan minimalis. Untuk mengakses semua aplikasi, pengguna bisa mengakses app drawer seperti biasa.

   Tombol softbutton multitasking di sebelah kanan tombol home akan memanggil tampilan berisi aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Navigasi antar tab yang terbuka di aplikasi browser seperti Chrome juga dilakukan di sini.

Kesimpulan

  Dengan body cantik, isi bertenaga, kamera berkualitas, tak ketinggalan fitur-fitur lain yang berguna seperti pemindai sidik jari, juga layar melengkung yang inovatif, Galaxy S6 Edge seakan memadukan elemen-elemen terbaik sebuah ponsel dalam satu kemasan.

  Memang itulah yang sepertinya dilakukan oleh Samsung. Segala kemampuan dan teknologi terkini dari raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut seakan tercurah pada Galaxy S6 Edge.

  Namun tentu saja, ia pun tak luput dari kekurangan. Faktor harga kemungkinan bakal menjadi "tembok" penghalang yang bisa membikin jeri para peminat Galaxy S6 Edge di Indonesia, di mana sang ponsel dibanderol dengan harga relatif mahal mencapai kisaran Rp 12,5 juta (64 GB).

  Angka itu terpaut cukup jauh dengan "saudaranya", Galaxy S6 (32 GB), yang dihargai Rp 9,5 juta. Sementara, spesifikasi kedua ponsel praktis serupa, mulai dari jeroan internal hingga resolusi panel display.

  Perbedaan di antara keduanya hanya terletak pada dua hal. Pertama adalah layar Galaxy S6 Edge yang berbentuk melengkung di sisi kanan dan kiri, sementara Galaxy S6 berbentuk rata seperti ponsel lain pada umumnya.

  Kedua, kapasitas media internal. Yang ini khusus berlaku di Indonesia, di mana hingga kini Samsung hanya memasarkan Galaxy S6 Edge versi 64 GB dan Galaxy S6 versi 32 GB. Dari sini timbul pertanyaan: apakah layar lengkung dan media ekstra tersebut cukup untuk menjustifikasi perbedaan harga yang terbilang lumayan? Pilihan tentu sepenuhnya tergantung pada selera, kebutuhan, dan daya beli masing-masing.





Samsung Galaxy S6 Edge

Samsung Galaxy S6 Edge


Kelebihan:
+ Desain menarik dengan material premium dan layar melengkung
+ Kinerja sangat tinggi
+ Dibekali salah satu kamera terbaik di ranah smartphone
+ Ringan
+ Isi baterai cepat


Kekurangan:
- Kegunaan layar lengkung relatif terbatas
- Kurang nyaman dalam genggaman tangan
- Suhu tinggi saat mengisi baterai
- Tak ada slot micro-SD sehingga menyulitkan ekspansi media penyimpanan
- Harga relatif mahal


Spesifikasi

Nama Resmi Samsung Galaxy S6 Edge
Faktor Bentuk Full-touchscreen
Bentang dan Jenis Layar 5,5 inci, 2560x1440 (577 ppi) Super AMOLED, Gorilla Glass 4
Dimensi Fisik 142 x 70 x 7 mm
Berat 132 gram
Prosesor Exynos 7420, quad-core Cortex-A57 2,1 GHz dan quad-core Cortex A-53 1,5 GHz, GPU Mali T760MP8
RAM 3 GB
Media Penyimpanan Internal 64 GB
Slot micro-SD -
Kamera Utama 16 Megapixel dengan LED flash dan
Kamera Depan 5 Megapixel
Kapasitas Baterai 2.600 mAh
Jaringan Seluler GSM/ 3G HSPA/ 4G LTE
Konektor USB Micro USB
GPS Ya, dengan dukungan A-GPS
Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.1, jack audio 3,5 mm
Fitur lain Accelerometer, proximity sensor, gyro Sensor, kompas, barometer, sensor denyut nadi, pemindai sidik jari
Sistem Operasi Android 5.0.2 Lollipop (bisa diperbarui ke versi 5.1), TouchWiz UI

   Itulah review spesifikasi yang ada di Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge, segala kecanggihannya begitu memikat, dan keindahan bentuknya sangat terasa, meski hanya saat ini bisa pegang saja, hehe.. namun kalau rezeki nggak kemana sih, di satu ketika saya pun bisa memiliki hape canggih yang bikin ketagihan ini, Aamiin ya rabbal 'Alamin.

     Oke sobat JFS, sekian review mengenai "  Samsung Galaxy S6 ", mohon maaf jika ada salah kata, terima kasih telah berkunjung artikel di blog ini.Semoga bermanfaat ya..

Related Post:

Comments
4 Comments

4 komentar:

Dian Bloggerz mengatakan...

anda beli s6?? wahhh hebat sekali, sya mah galaxy young saja , soalnya saya juga masih kecil kellas 8 smp ga boleh bawa smartphone canggih ntar dipinjem sama temen , temen ndak tahu cara menggunakannya rusak deh mahal lhoh itu , edge 15juta

Aldo Rahmat mengatakan...

Reviewnya sangat lengkap gan... kayaknya samsung galaxy s6 ini emang lengkap spesifikasinya dan pastinya dibanderol harga yang mahal... thanks gan infonya :)

Dayan Fithoroini mengatakan...

keren sepesifikasinya lengkap (y)

Prima Atmaditza mengatakan...

wahh, produk samsung yang satu ini bener-bener sangat menarik, trims udah share sob :)

Posting Komentar

Komentarlah dengan sopan, mari kita saling menghargai.

 
Copyright © 2012 - All right reserved | Template design by Ramadhana Kurnia
Proudly powered by Blogger.com